Mengisi Waktu di Bulan Ramadhan

Karena Ramadhan merupakan bulan yg istimewa dan muncul hanya setahun sekali, maka sudah selayaknya kita memperlakukannya dg istimewa pula. Perlakuan istimewa yg dimaksud adalah memperbanyak amalan2 (tertentu). Berikut adalah amalan2 yg sebaiknya diperbanyak di bulan Ramadhan:
1. Membantu ibu dan bapak. Bagi yg ortunya masih hidup, inilah saatnya untuk lebih dekat dan berbakti serta beramal soleh kepada ortu. Ingatlah, ortu tidak selamanya bersama kita. Cepat atau lambat, mereka akan meninggalkan mereka, padahal berkah dan karunia dari orangtua sangatlah besar. Maka, selagi mereka masih ada, perbanyak minta barokah, karunia, doa dari mereka. Jadikan mereka bahagia mempunyai anak yg sholeh/sholehah serta berbakti.
2. Menghadiri majelis ilmu. Yg dimaksud dg majelis ilmu di sini adalah pengajian-pengajian, baik setelah shubuh ataupun sebelum sholat tarawih. Tidak sering kita jumpai di bulan2 lain adanya pengajian sesering dan seintensif di bulan Ramadhan. Sangat banyak ilmu yg bisa kita peroleh dari pengajian. Pengajian yg dihadiri tidak mesti di 1 tempat, namun bisa juga di banyak tempat.
3. Membaca buku-buku dan majalah-majalah Islami/agama. Bagi anda2 yg sibuk, seringkali tidak sempat untuk menghadiri pengajian. Untuk itu, sebagai gantinya anda bisa membeli majalah/buku agama lalu menyempatkan diri membacanya di saat2 senggang/istirahat.
4. Mendengarkan kaset, cd Qur’an atau ceramah. Mungkin metode ini bisa diterapkan bagi yg memiliki mp3 player. Anda bisa mengkopi file Qur’an atau ceramah, lalu mendengarkannya selama dalam perjalanan. Lumayan, jika sehari anda mendengarkan 2-3 surat Qur’an, bukan tidak mungkin dalam 1 bulan anda bisa hafal setidaknya 5-6 surat, minimal dari juz ‘amma. Solusi lain, anda membaca Qur’an di metromini atau bus, daripada hanya tidur. Ingat, orang yg terlalu banyak tidur (dg alasan ‘tidak kuat’) berarti makin banyak membuang waktu hidupnya dalam keadaan tidak sadar.
5. Menyendiri dan menangisi kesalahan. Setelah (atau sebelum) anda sahur, luangkan waktu untuk menyendiri, menghisab diri sendiri, menangisi kesalahan, dan berdoa kepada ALLOH untuk mohon ampun atas segala dosa dan kesalahan yg telah kita perbuat. Jika sulit, mulailah dg menuliskan dosa/kesalahan yg anda perbuat 1 hari sebelumnya, lalu banyak2lah berdoa mengharap ampun kepada ALLOH SWT.
6. (bagi orang kaya) Banyaklah berinfaq, bersedekah, dan menyumbang untuk buka puasa. Kita mesti mencontoh Rasululloh dalam berinfaq dan bersedekah (membelanjakan harta di jalan ALLOH SWT). Kedermawanan beliau sedemikian hebat, hingga diibaratkan seperti angin yg berhembus kencang. Begitu mudah beliau merogoh kantung dan memberikan harta kepada orang2 yg membutuhkan. Apalagi di bulan Ramadhan ini, yg pahalanya akan dilipat gandakan berkali-kali. Dan khusus di bulan Ramadhan, orang2 kaya bisa memperoleh amalan ‘ekstra’ dg memberikan hartanya untuk dibelikan makanan pembuka puasa. Insya ALLAH mereka akan mendapatkan pahala yg sama besar dg orang2 yg berbuka dg makanan yg mereka sediakan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Waktu

Pesan, Kesan dan Saran

Tentang

Foto Saya
Aku ingin seperti Melati tak pernah berdusta dengan apa yang ditampilkannya. Ia tak memiliki warna dibalik warna putihnya. Ia juga tak pernah menyimpan warna lain untuk berbagai keadaannya,.

Ulasan

Blogger WidgetsRecent Posts Widget for Blogger

Blog Archive

Blogger WidgetsBlog statistics Widget For Blogger

Statistik Blog

Aktifitas


Asy-Syifa Fan Page



Berbagi dengan Asy-Syifa



Asy-Syifa Networked Blog




Sering di Baca



Welcome

Support


Join 4Shared Now!

Artikel Terbaru